Translate

Rabu, 03 Oktober 2012

SEJARAH SINGKAT SHITORYU

Tahun 1935, Mabuni Kenwa mendapat undangan dari Nippon Butokukai untuk mempertunjukan aliran karate yang baru di ciptakannya. Setelah demonstrasi tersebut, tehnik dan karakteristik karate yang diciptakannya berhasil mengundang decak kagum dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pemerhati dan praktisi karate di Jepang pada saat itu. Dan sejak saat itu pula gaya atau aliran karate yang di kenal dengan nama Shitoryu karate-Do di terima sebagai salah satu aliran karate di Jepang.

Karate Shitoryu di ciptakan dari hasil kombinasi aliran Shuri-Te (Master Ankoh Itosu) dan aliran Naha-te (Master Kanryo Higaona). Dari hasil kombinasi tersebut terciptalah suatu tehnik baru dengan gerakan cepat penuh tenaga yang dikombinasikan dengan tehnik pernafasan dengan gerakannya yang pelan dan terkesan lembut. Hal ini nyata terlihat pada gerakan KATA yang mengandalkan kecepatan dan penuh tenaga yang mengandung kelembutan seperti KATA SEINCHIN,SUPARINPEI,SHISOCHIN, SEIPAI, dll. Secara garis besar ciri khas aliran karate Shitoryu sangat jelas terlihat pada kecepatan dan kelincahan pergerakan tubuh, kelenturan pinggang, sentakan pinggul, keseimbangan, kombinasi kuda-kuda kecil dan lebar, kontrol pernafasan, serta ledakan tenaga eksplosif yang di lakukan tiba-tiba. Semua ciri tersebutbukanlah milik/monopoli dari aliran Shitoryu, tetapi tanpa ciri-ciri dari gerakan yang disebutkan di atas dapat di pastikan bukanlah aliran SHITORYU Karate-Do.

Ciri lain dari Shitoryu Karate-do juga terlihat pada beberapa gerakan maupun KATA yang menyerupai tehnik Kungfu China atau di jepang sering disebut dengan istilah "White Crane First". Dan kenyataannya Mabuni Kenwa pernah berlatih pada seorang Master White Crane dari China yang bernama "Go Ken Ki" (Woo Yin Gue[dalam lafal bahasa mandarin]) dan pengaruh tehnik White Crane ini dapat terlihat pada beberapa Kata Shitoryu seperti "NIPAIPO, PAIPUREN, HAKUCHO/HAFFA".

Saat ini Shitoryu telah menyebar luas ke seluruh dunia. Shitoryu di kenal sebagai satu2nya aliran karate yang memiliki jumlah Kata terbanyak (dapat di lihat didalam daftar Tokui Kata yang dikeluarkan oleh WKF/World Karate-Do Federation) yang pada tahun 2000 secara resmi dapat dimainkan secara resmi di pertandingan/kompetisi Karate Internasional.





Sekian postingan saya kali ini tentang sejarah singkat Perguruan kita,smoga dapat menambah pengetahuan anda.
Oshh....!! SHINDOKA BANGKIT!!!

0 komentar:

Posting Komentar