Translate

Selasa, 12 Maret 2013

K U M I T E


KUMITE
Salah satu bagian penting dari latihan Karate adalah KUMITE. Latihan Kumite mengajarkan seorang karateka bagaimana menghindar ataupun melakukan serangan dengan menerapkan tehnik-tehnik karate terutama menggunakan tehnik KIHON dan tehnik KATA yang benar.
Pada dasarnya Latihan Kumite dibagi kedalam 2 kategori yaitu :
  1.  Kumite dengan komando (Pre-arranged sparing)
Kumite dengan komando bertujuan sebagai latihan persiapan untuk memahirkan tehnik kihon seorang karateka sebelum masuk kedalam latihan JIYU kumite

Latihan Kumite dengan komando inin dibagi dalam 3 jenis latihan yaitu :
a.      Ippon kumite (sparing 1 langkah)
Latihan ippon kumite dalah latihan sparing/berpasangan yang diatur dan biasanya dilakukan untuk melatih pertahanan diri dengan cara melangkah 1 langkah mundur sambil melakukan tehnik tangkisan terhadap serangan lawan yang juga dilakukan dengan 1 langkah serangan.
b.      Nihon Kumite (sparing 2 langkah)
Latihan nihon kumite dalah latihan sparing/berpasangan dengan karateka melakukan tehnik yang telah diatur terlebih dahulu dengan melakukan serangn 2 langkah kedepan dan lawannya melakukan tehnik tangkisan.
c.       Sanhon Kumite (sparing 3 langkah)
Latihan sanhon kumite adalah latihan saparing/berpasangan dengan karateka melakukan tehnik yang telah diatur terlebih dahulu dan melakukan serangan 3 langkah kedepan dan lawannya melakukan tehnik tangkisan dan membalas serangan juga dengan 3 langkah. Biasanya latihan ini digunakan untuk mengembangkan kecepatan, kekuatan, dari tehnik kihon karate.

  2. Kumite Bebas (Jiyu Kumite)
Kumite bebas (jiyu kumite) merupakan sparring dimana seorang karateka tidak mengetahui tehnik serangan yang akan dilancarkan oleh lawannya dan sipenyerang juga bebas melakukan tehnik serangan sejauh tetap memperhatikan aturan yang berlaku didalam dojo maupun aturan pertandingan. Pada dasarnya didalam berlatih kumite harus mengingat tehnik Sun-dome(selalu mengontrol pukulan atau tendangan sehingga tidak mencederai lawan) dan menjujung tinggi Janji Karateka. Latihan jiyu kumite ini akan sangat bermanfaat untuk membantu membangun mental dan gerak reflek seorang karateka.



sumber : "buku panduan latihan shindoka/2011"

0 komentar:

Posting Komentar